Gula Semut Natural Organik

Untuk masyarakat Jawa, gula merah atau gula kelapa tentu sudah tidak lagi asing. Sudah sejak lama gula merah, yang kalau di daerah Jawa kebanyakan berbahan baku dari kelapa ini (sehingga disebut juga gula kelapa), sudah dimanfaatkan untuk berbagai keperluan campuran minuman serta makanan olah dalam skala rumah tangga.

Ada beberapa hal keunggulan dari gula jawa ini, yang pertama yaitu tahan lama. Gula kelapa ini memiliki rentang waktu hingga 2 tahun layak konsumsi. Penyebab gula kelapa tahan lama adalah sedikitnya kadar air (2-3%) yang terkandung di dalamnya. Apalagi jika disimpan dalam suhu yang sesuai, misalnya di lemari pendingin.

Keunggulan lainnya adalah aroma dan citaras yang dihasilkan dari gula kelapa ini memiliki ciri khas, yaitu karamel dan pasta. Inilah yang tidak didapatkan dan digantikan oleh gula dengan bahan dari tebu alias gula pasir biasa.

Seiring waktu semakin bahan makanan yang diproduksi dengan memakai bahan gula kelapa ini. Hingga akhirnya dengan beberapa modifikasi, jadilah gula semut. Disebut gula semut karena bentuk dan warnannya yang mirip dengan sarang semut.

Saat ini permintaan gula semut kian hari kian meningkat, khususnya untuk produk yang natural dan organik. Namun jangan salah produk, seiring peningkatan kebutuhan gula semut ini, ternyata tidak diimbangi dengan meningkatnya produksi gula semut ini, sehingga memicu beberapa produk gula semut campuran. Atau yang lebih dikenal dengan gula semut rafinasi. Kadang juga disebut dengan nama brown sugar.

Gula semut kristal rafinasi ini adalah campuran dari gula tebu, tentu saja dengan beberapa tambahan bahan kimia sintetis. Produk gula semut rafinasi ini memiliki tekstur warna dan bentuk yang mirip dengan gula semut natural dan organik. Namun cara paling mudah membedakannya adalah harga yang jauh lebih murah.

Gula semut natural dan organik memiliki spesifikasi khusus serta kandungan bahan-bahan alami bawaan dari bahan bakunya yaitu buah kelapa. Bahkan untuk mendapatkan pengakuan natural dan organik ini diperlukan juga sertifikasi dari badan penyertifikasi produk tersebut memang benar-benar natural organik dari sebuah lembaga yang berwenang, misalnya Balai Besar Industri Agro atau Komite Akreditasi Nasional.

Beberapa parameter untuk mendapatkan sertifikat organik dan natural dimulai sejak penanaman kelapa yang dipastikan tidak memakai pupuk kimia serta obat-obatan kimia sintetis, hingga saat pemanenan buah kelapa dan proses produksinya.

Proses Produksi

Gula Semut SLKKami memproduksi gula semut natural dan organik di Kota Cilacap. Proses produksi bekerjasama dengan kelompok petani kelapa lokal (Kelompok Tani Rengganis), sebagai pemasok bahan baku untuk  produksi gula Kami. Semua proses produksi kami lakukan secara tradisional dan sudah memenuhi kualitas produk untuk Ekspor.

Produk gula semut yang kami hasilkan sudah mendapatkan sertifikat organik dan natural dari beberapa Badan yang berwenang memberikan penilaaian tersebut.

Sertifkasi Gula Semut Organik

Hasil uji gula kelapa Kami juga sudah melalui penilaian dari Komisi Akreditasi Nasional dengan  hasil pengujian dari Laboratorium Analisis dan Kalibrasi Balai Besar Industri Agro yang berlokasi di Bogor terhadap kandungan dari gula semut natural dan organik Kami menyatakan bahwa Produksi Gula Kelapa Kami adalah Organik dengan dikeluarkannya sertifikat produk Organik dengan No : 148/LSPO-003-IDN/08/15


Share this:

Tidak ada komentar


Messenger Gula Semut SLK
×
_

Hai! Kamu bisa kirim pesan ke Admin di sini, jangan lupa LIKE Gula Semut SLK ya... Terima kasih.